Pemda Bengkayang Buka Aduan Pembangunan Melalui SMS

Bengkayang. Sudah 11 tahun lebih Kabupaten Bengkayang berdiri. Dengan pergantian kepala daerah dan untuk mempercepat pembangunan Bumi Sebalo yang selama ini masih tertinggal dari kabupaten lain yang ada di Bumi Sebalo, Pemkab meluncurka program Aduan Penyampaian Informasi Pembangunan melalui SMS.
Kepala Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bengkayang, Yakobus mengatakan, sejak akhir Desember 2010 lalu pihaknya telah  meluncurkan program aduan penyampaian informasi pembangunan Kabupaten Bengkayang melalui SMS dengan mencantumkan identitas lengkap ke 082148646448. Mottonya ialah dengan memberikan informasi yang akurat, berarti anda turut membangun Kabupaten Bengkayang.

Yakobus menerangkan, latar belakang diluncurkannya program ini ialah untuk mendapatkan informasi bahkan hal yang sangat penting untuk perbaikan dan sebagai pertimbangan untuk menyusun kebijakan terutama berkaitan dengan kebijakan pelayaan public Pemda Bumi Sebalo. Karena tugas pokok Pemkab ialah pelayanan public.

“SMS dipilih karena peranan media massa yang dapat menjembatani saluran informasi yang dapat digunakan masyarakat atau Pemda Bengkayang terutama berkaitan dengan informasi yang perlu diketahui public. Dan dengan kondis media cetak yang beredar di Bumi Sebalo sangat terbatas dan tidak mampu menjangkau sampai ke pelosok sehingga masyarakat tidak dapat dikonsumsi warga khususnya di pedalaman yang sulit terjangkau, namun disisi lain daerah tersebut ada pelayanan IT,” jelas Yakobus ditemui diruang kerjanya, Selasa (18/1).

Oleh karena itu, hendaknya saluran ini  menjadi wadah untuk memberikan informasi tentang kinerja PNS yang ada di lingkungan Pemda Bengkayang. Bukan hanya itu saja, SMS ini bukan untuk aspirasi tetapi aduan seperti kritik, saran, laporan, ide yangbersifat membangun Bumi Sebalo. Perlu diketahui, informasi yang disampaikan masyarakat tidak dibalas tetapi akan dikelola berdasarkan kualitas informasi atau permasalahan dan akan disampaikan kepada Pimpinan Daerah sebagai informasi untuk pembangunanBumi Sebalo.

Yakobus mencontohkan,seandainya jembatan yang ada di Kecamatan Siding putus atau rusak berat, masyarakat dapat menyampaikan informasi tersebut melalui SMS dan jangan lupa identitas pengirim secara lengkap. Dan informasi tersebut sebagai input untuk menindaklanjuti di dalam rapat mengenai pembangunan insfrastruktur. Namun kami tidak hanya menerima mentah saja, SKPD akan turun ke lapangan untuk mengecek kebenaran informasi yang disampaikan oleh masyarakat. Apabila informasi tersebut akanmemberitahu kepada Bupati Bengkayang .

“Sejak diluncurkan program ini hingga saat ini kurag lebih 20 SMS yang telah dikirimkan oleh masyarakat yang isinya paling banyak mengenai insfratsruktur da pelayan pegawai. Program ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh seluruh elemen warga Bumi Sebalo, karena ini sebagai alat informasi untuk pembangunan Bengkayang lebih baik lagi. Oleh Karen aitu, berikan informasi dengan baik, tepat, cepat, akurat, obyektif dan dapat dipertanggungjkawabkan,” harapnya.

Ini merupakan upaya untuk menjembatani antara masyarakat dan Pemda Bengkayang. Apabila program ini tepat sasaran, akan ditingkatkan. Saat ini sedang di susun surat edaran dari Bupati Bengkayang tentang cara penggunaan SMS dan cara menindaklanjuti SMS dari warga Bumi Sebalo. (cah)
 

Posted in by Zibanex Dayu Rara. 1 Comment

1 Response to "Pemda Bengkayang Buka Aduan Pembangunan Melalui SMS"

  • Anonim says:
Leave a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan, no sara OK guys!!!!!