Tips: Mempercepat Kinerja Hard Disk

Hard disk yang penuh dengan banyak data di dalamnya akan membuat hard disk tersebut menjadi lambat dalam membaca data yang tersimpan di komputer. Hal ini karena file-file yang terdapat di dalam hard disk tersebar di beberapa bagian dari harddisk sehingga membutuhkan banyak waktu untuk mengakses setiap bagian dari file data tersebut. Berikut adalah 5 tips yang mungkin dapat membantu anda dalam memebersihkan hard disk komputer untuk dapat meningkatkan kinerja dan kecepatan dalam membaca data dari hard disk tersebut.

  1. Menghapus File Duplikat dari Hard Disk Dengan banyaknya file yang terdapat di dalam komputer, maka kemungkinan terdapat banyak data yang sama akan semakin besar. Biasanya hal ini terdapat pada file mp3 yang sering anda copy paste dengan sembarang, tanpa melihat apakah lagu tersebut sudah ada atau belum di komputer anda.

    Mungkin akan memakan waktu yang cukup lama untuk mencari data yang terduplikasi secara manual, namun dengan menggunakan software gratis untuk mencari data duplikat mungkin akan sangat membantu untuk membersihan komputer dari data data yang sama.
  2. Menghapus Temporary Files / File Sementara Windows membuat banyak Temporary Files selama anda menggunakan komputer. Anda mungkin sering menghapusnya, namun beberapa diantranya akan secara terus menerus dibuat pada saat anda menjalankan komputer, sperti browsing di internet, meng install software dan lainnya. Beberapa contoh file temporary tersebut diantaranya: File fragments, Browser Cache, Memory Dumps, Log Files, Cookies, Recycle Bin.

    Anda dapat menggunakan beberapa kumpulan softaware gratis untuk membersihkan Temporary Files / File Sementara.
  3. Defragment Hard Disk
    Defragment hard disk komputer adalah salah satu cara yang efektif untuk mempercepat kinerja hard disk. Dianjurkan agar anda melakukan defragment komputer secara berkala (jangan terlalu sering dan jangan menggunakan terlalu banyaksoftware defragment yang berbeda beda).

    Banyak software gratis untuk melakukan defragment di hard disk komputer, sebelumnya saya sudah menulis artikel tentang ini klik linknya untuk .
  4. Cari dan Perbaiki Hard Disk yang Error Defragment saja mungkin tidak cukup jika anda memiliki hard disk yang sudah mulai usang :D. Untuk mencari tahu bagian hard disk yang error dapat dilakukan dengan fitur bawaan windows sebagai berikut

    • Buka windows explorer
    • Klik kanan di partisi hardisk yang ingin anda ketahui error-nya
    • Pilih pada menu properties lalu tools
    • Kemudian klik pada tombol Check now

      Atau anda dapat menggunakan software Windows Surface Scanner untuk mencari dan Scan Badsector Di Hard disk
  5. Hapus Data yang Tidak Penting
    Mungkin secara tidak sadar anda telah banyak menumpuk file seperti, gambar atau foto, lagu, Video b**** :D dan lain lain,.

    Susah memang untuk menghapus sebuah file dari komputer, karena terkadang file sekecil apapun bisa jadi sangat berguna ketika anda membutuhkannya, namun jika tidak disingkirkan sebagian akan membuat kapasitas hard disk anda menjadi kecil.

    Mau beli hard disk baru? Atau mau mencoba online storage, beberapa diantaranya yang memberikan puluhan gigabyte hard disk online secara gratis seperti Windows Live SkyDrive (25GB Free space), ADrive (50 GB Free space), atau mungkin anda tertarik menggunakan komputer virtual seperti G ho.st

Posted in by Zibanex Dayu Rara. No Comments
Leave a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan, no sara OK guys!!!!!