DATA RIAM, GOA DAN UPACARA ADAT YANG ADA DI DAERAH KABUPATEN BENGKAYANG

DATA RIAM, GOA DAN UPACARA ADAT
YANG ADA DI DAERAH KABUPATEN BENGKAYANG

 Riam merasap
Riam merasap terletak di wilayah kecamatan tujuh belas dusun segonde kebupaten bengkayang dengan luas areal sekitar 1 Ha. Dengagn ketinggian air terjun kurang lebih 19 meter. Jarak tempuh kelokasi ini sekitar 45 Km dari kota bengkayang dengan menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4. Riam merasap ini juga merupakan tempat wisata rohani yang digunakan umat beragama khatolik beribadah setiap tahunnya menjelang bulan Rosario.

 Riam barawatn
Air terjun/riam berawatn merupakan air terjun tertinggi di kabupaten bengkayang dengan ketinggian mencapai 75 meter. Riam ini terletak di Desa Sahan Dusun Melayang kecamatan Seluaas dengan luas areal sekitar 5 Ha. Jarak tempuh menuju ke riam berawatn sekitar 76 Km dari kota Bengkayang. Riam berawatn yang berarti riam emas memiliki legenda yang sangat unik yaitu adanya penampakan seekor rusa yang memancarkan sinar keemas-emasan.

 Goa romo
Goa romo terletak di Dusun Sejajah desa goa kecamatan sanggau ledo kabupaten bengkayang berjarak sekitar 45 Km dari kota bengkayang . goaromo merupakan tempat pertapaan di zaman dahulu.



 Riam baro
Riam baro terletak di Dusun Melayang Desa Sahan Kecamaan Seluas kabupaten bengkayang. Riam tersebut mempunyai dua anak tangga yang dilalui oleh air terjun, tangga pertama dengan ketinggian 10 meter sedangkan tangga kedua dengan ketinggian 8 meter.

 Riam sangadum
Riam sangadum terdapat di Dusun Melayang Desa Sahan Kecamatan Seluaas Kabupaten Bengkayang dengan luas kurang lebih 2 Ha. Berjarak sekitar 80 Km dari kota bengkayang . riam sangadum dikelilingi oleh pohon-pohon besar yang merupakan lingkkungan hutan adat.


 Gawai dayak
Gawai dayak merupakan upacar adat tahunan yang intinya melakukan kegiatan memasukkan padi kelumbung. Upacara inni dilaksanakan setiap tanggal 20 Mei setiap tahun di rumah panjang kecamatan samalantann kabupaten bengkayang yang terletak sekitar 41 Km dari kota bengkayang.

 Upacara adat nyobeng
Nyobeng adalah kegiatan ritual suku dayak bidayuh dii daerah sebujit deesa Hlibuei kecamamtan siding telah dilakukan secara turun temurun merupakan upacara adat Hlibuei yaitu upacara adat permohonan berkat, sejahtera, kedamaian, ketentraman dan lain-lain. Namun upacara adat budaya ini hanya diperuntukkan bagi kaum pria sedangkan bagi kaum wanita adat budaya tersebut dinamakan Nambok. Kedua jenis adat budaya ini merupakan upacara adat baluk dan adat padi.
 Dalam melakukan permohonan ini diikuti pula dengan acara memandikan tengkorak yang merupakan barang pusaka peninggalan dari nenek moyang yang harus mereka jaga dan hormati, selain itu secara psikhis tujuan dari memandikan tengkorak tersebut agar masyarakat mendapat kan berkat dan kekuatan karenan tengkorak yang dimandikan merupakan hasil mengayau ( pemotongan kepala disaat melakukan peperangan). Yang terjadi pada zaman nenek moyang, tengkorak tersebut merupakan tengkorak musuh yang berstatus sebagai pimpinan atau panglima perang pada masa itu.

 Riam marum
Riam marum terletak di kecamatan Tujuh Belas kabupaten bengkayang

 Riam budi
Riam budi terletak di desa ketiat kecamatan sungai betung kabupaten bengkayang

 Riam bengaram
Riam bengaram terletak di kecamatan seluas kabupaten bengkayang

 Riam ampang
Riam ampang terletak di kecamatan sanggau ledo kabupaten bengkayang

 Riam benian
Riam benian terletakk di kecamatan ledo kabupaten bengkayang

 Riam menajur
Riam menajur terletak di kecamatan sanggau ledo (bengkilu) kabupaten bengkayang

 Riam sebuluh
Riam sebuluh terletak di kecamatan seluas (Desa Pisang) kabupaten bengkayang

 Riam kadu
Riam kadu terletak di kecamatan seluas (desa sahan) kabupaten bengkayang

 Riam doyot
Riam doyot terletak di kecamatan lumar (Magmagan Karya) kabupaten bengkayang

 Riam into
Riam into terletak di kecamatan Sungai Betung (Desa Suka Bangun) kabupaten bengkayang.

 Riam jungan
Riam jungan terletak di kecamatan Sanggau Ledo kabupaten Bengkayang
 Riam madi
Riam madi terletak di kecamatan lumar kabupaten bengkayang.

 Riam bawek
Riam bawek terletak di kecamatan seluas kabupaten bengkayang

Posted in by Zibanex Dayu Rara. 2 Comments

2 Responses to "DATA RIAM, GOA DAN UPACARA ADAT YANG ADA DI DAERAH KABUPATEN BENGKAYANG"

Leave a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan, no sara OK guys!!!!!