9 Langkah Memasarkan Diri


9 Langkah Memasarkan Diri

Harus diakui, tidak banyak orang yang punya banyak jiwa wirausaha. Sebagian masih terpaku untuk menjadi pekerja, walau lahan/lokasinya sekarang semakin sempit sementara penghuninya bertambah. Itu berarti persaingan benar-benar semakin ketat. Ada beberapa langkah “memasarkan diri” agar kemungkinan meraih peluang itu lebih besar ketimbang orang lain. Hal terpenting dalam memasarkan diri kita adalah, kita harus jelas dimata orang bahwa kita itu siapa.
Ada  9 hal yang perlu diperhatikan dalam memasarkan diri, yaitu :
ÿ Pertama kita harus mampu memetakan pasar atau segmentasi. Yang dimaksud dengan pasar adalah pihak atau orang yang membutuhkan kita.
ÿ Kedua kita harus mengenal Marketing Targeting atau sasaran kita. Dimana kita mampu dan pasti unggul dalam berkompetisi.
ÿ Ketiga adalah positioning atau memposisikan diri. Kita ini siapa, kalau kita pelajar, ya pelajar yang bagaimana? Kalau kita sekolah dikejuruan, ya kejuruan dibidang apa? Kalau kita teknisi komputer, teknisi komputer apa? Positioning ini harus jelas.
ÿ Keempat adalah difference atau perbedaan.. ini  ada kaitannya dengan nomor 3, dimana posisi yang kita  miliki harus di back up oleh perbedaan kita dari orang lain. Tentu saja perbedaan itu harus berupa kelebihan.
ÿ Kelima adalah Marketing Mix. Ibarat suatu produk, kita harus memetapkan berapa kita ingin dihargai orang. Jangan menyerah, kendati dimasa krisis, kita harus tetap  berani mempromosikan diri. Bikin kartu nama yang bagus, supaya dikenal/menarik perhatian orang.
ÿ Keenam adalah Seiling. Kita harus mampu meyakinkan orang bahwa kita mampu dan dia memerlukan kita. Ingat, menjual itu bukan memaksa orang supaya membeli, tetapi membuat orang merasa perlu membeli.
ÿ Ketujuh adalah Brand. Kita harus membuat nama kita dikenal orang. Ambil contoh madonnna artis itu suaranya tidak lebih bagus dari artis yang lain. Tetapi, dia cerdik. Dia mampu membuat dirinya dikenal orang karena sensualitasnya. Memang itu pilihannya. Ciri orang sukses itu adalah tidak pernahh ragu dengan posisi dirinya.
ÿ Kedelapan adalah Service atau pelayanan. Orang yang profesional adalah orang yang bisa memberikan pelayanan atau service kepada clientnya.
ÿ Kesembilan adalah kemampuan bekerja sama dengan pihak lain.

Posted in by Zibanex Dayu Rara. No Comments
Leave a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan, no sara OK guys!!!!!