SEKILAS TENTANG BETHESDA SERUKAM


Pelayanan Bethesda Serukam telah dimulai sejak tahun 1956 oleh Pdt. John G. Bremen seorang misionari independen diantara suku Dayak. Beliau membuka sebuah klinik kesehatan kecil di Gereja Rehoboth Sungai Betung yang diberi nama Bethesda, selanjutnya pada tahun 1965 keluarga Dr. Wendell G. Geary dari misi World Venture Amerika dating ke Indonesia untuk selanjutnya mengembangkan klinik ini menjadi sebuah Rumah Sakit Pembantu Bethesda di Sungai Betung mengingatkan kebutuhan pelayanan jangka panjang maka secara bertahap rumah sakit dipindahkan ke Lao Serukam melalui pertolongan Ir. John Seaders dan Alm. Pdt. Ut.Simatupang.

Tahun 1971-1981 sebuah mimpi menjadi kenyataan berdiri sebuah Rumah Sakit Pedalaman yang terletak di Serukam yang diresmikan oleh Gubernur Kalbar Bpk. Kadarusno pada tanggal 23 Februari 1974 dengan kapasitas 70 tempat tidur, pada waktu itu bangunan yang siap digunakan adalah poliklinik, bangsal rawat inap dan bangunan bedah.  Dan secara bertahap oleh pertolongan Tuhan tahun demi tahun berikutnya juga dibangun bangsal bedah dan kebidanan bangsal anak, ICU, gedung anministrasi dan SPK.

Sejaktanggal 12 Agustus1982 secara resmi status kepemilikan RSUB Serukam diserahkan keYayasan Bethesda Serukam dengan ketua Umum pertama Pdt. DR. Petrus Octavianus, DD. Phd selanjutnya sejak tahun 1982 mulai berdatangan dokter-dokter Indonesia antara lain dr. Sri Sjamsudewi, Sp. Rad,  Dr. D. Francisca Badudu, Sp.B (K) Onk, dr. Rosita Siregar, dr. HusinBasir, dr DJ. William ken dan menyusul beberapa lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan dokter spesialis sejak tahun 1984 secara konsisten RSUB serukam mengirim dokter untuk mengambil program pendidikan dokter spesialis diberbagai tempat baik di dalam maupun luar negeri.

Tahun 2001-2005 tantangan kebutuhan pelayanan Bethesda Serukam yang semakin kompleks direspon dengan kebijakan restrukturisasi organisasi RSUB Serukam dimulai dengan konversi SPK menjadi UPT Akper Bethesda tanggal 11 April 2001 dan disusul peningkatan kapasitas organisasi PKMD menjadi UPT PKMD Bethesda 19 Agustus 2006 sehingga secara keseluruhan Yayasan memiliki 3 UPT. Selain itu di dalam mengupayakan, mendukung dan mengutus tenaga professional Kristen Indonesia sebagai pelayan Tuhan yang berhati misi, maka pada sejak Juni 2007 dibentuk komisi Medgo yang merupakan embrio dari misi World venture.


VISI BETHESDA SERUKAM

Allah memanggil dan mempersatukan secara khusus sekumpulan anak-anak-Nya dari berbagai tempat, suku bangsa, budaya dan latar belakang pendidikan untuk melakukan amanat agung TuhanYesus yang akan mendorong pertambahan dan pertumbuhan gereja-gereja di Kalimantan Barat melalui suatu pelayanan yang seutuhnya.

MISI BETHESDA SERUKAM

Pemberitaan injil keselamatanYesus Kristus kepada sebanyak mungkin orang melalui pelayanan kesehatan yang memadai terutama kepada masyarakat pedalaman Kalimantan barat.

Posted in by Zibanex Dayu Rara. 3 Comments

3 Responses to "SEKILAS TENTANG BETHESDA SERUKAM"

Leave a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan, no sara OK guys!!!!!