Waspada, Ketika OSpek Berubah menjadi Kekerasan

Waspada, Ketika OSpek Berubah menjadi Kekerasan

Sekarang ini sobat bisa berlega hati karena praktek perpeloncoan para senior sudah diaalarang. Tiap ospek biasanya didampingi langsung oleh gurunya, bukan para senior tok, but, tetap aja kita harus waspada, karena yang namanya oknum senior itu pasti ada. Sebenarnya praktek senioritas ini nggak hanya pas ospek resmi yang diadain sekjolah atau kampus. Bisa jadi selama kita masih junior, akan terus di genjet sama senior. So, gimana caranya biar kita ga jadi bulan bulanan para senior ?

  1. Tampang Muka Pede. Para senior itu biasanya suka ngerjain juniornya yang punya muka imut, culun, tampang anak mami, pokoknya muka-muka yang ga pede deh. Jadi, kamu cuek dan pede aja, nggak usah takut, toh senior juga manusia. Tapi jangan terlalu kepedean juga, bisa-bisa kamu dijadikan target gencetan karena disebelin sama senior.
  2. Pasang Muka Ramah. Ini mah wajib pisan kalau kamu pengen disukain, nggak hanya teman-teman seangkatan dan guru-guru. Buang jauh-jauh deh tampang jutek kamu.
  3. Tunjukin kalau kamu cerdas. Dengan begitu para senior tidak akan sewenang-wenang dan melecehkan. kamupun akan dihitung sebgai junior yang cerdas dan layak diperhitungkan. Pokoknya tunjukin deh kalau kamu itu punya bakat, kemampuan dan prestasi. Rendah hati sih boleh, tapi ospek itukan waktunya kamu show of, menunjukkan siapa saya, agar kita punya tempat.
  4. Wajib untuk Berani. Biasanya apapun yang dikatakan senior itu benar, dan kita ngga bisa ngelawan. Tapi kalau mereka sudah main fisik, mukul, nendang, jambak, dan sebangsa itu, wajib dilawan. Kalau ngga berani ngelawan langsung, galang kebersamaan bersma teman-temanmu untuk melawannya. Masih takut ? Laporin aja ke guru atau dewan sekolah. Percaya deh, keberanian kamu akan menyelamatkan banyak orang, jangan tunggu sampai jatuh korban.
  5. Awas Pelecehan. Ini juga wajib diwaspadai. jangan pernah mau, kalau kamu disuruh merayu apalagi disuruh meluk atau mencium senior lawan jenis. Begitu juga kalau kamu disuruh joget joget di depan lawan jenis. Kamu harus berani nolak perintah itu. Kelihatannya sih sepele. Tapi sebagai muslimah kita punya norma-norma yang harus dipegang. Pokoknya jangan sampai deh kita jadi bahan tertawaan.
Sumber : Muslimah Edisi September 2006

Posted in by Zibanex Dayu Rara. No Comments
Leave a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan, no sara OK guys!!!!!