Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

13kuliahSeperti halnya memilih kampus, memilih jurusan juga harus dilakukan dengan penuh perhitungan. Memilih jurusan yang tepat akan membuat masa depan kamu terbuka dengan lebar.

Jangan hanya karena ajakan teman atau banyak diminati kamu memilih sebuah jurusan yang tidak kamu sukai atau kuasai. Karena memilih jurusan dengan tergesa-gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal mulai dari kesadaran yang terlambat bahwa jurusan yang diambil tidak sesuai dengan kepribadian sampai pada drop out / DO  karena dinyatakan tidak mampu mengikuti pendidikan yang diikutinya. Maka dari itu pemilihan jurusan sedini mungkin harus mulai dipertimbangkan. Salah pilih jurusan merupakan bencana dan kerugian yang besar bagi anda di masa depanâ?

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih jurusan :
  • Sesuai cita-cita, minat dan bakatKamu tentunya sudah punya bayangan lapangan pekerjaan seperti apa yang akan kamu jalani di masa depan. Nah, jurusan yang kamu pilih sebaiknya disesuaikan dengan cita-cita kamu tersebut. Tapi, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan minat dan bakat yang kamu miliki.Kalau memang ternyata kamu tidak memiliki bakat dan kemampuan di bidang yang kamu inginkan, lebih baik jangan memaksakan diri
  • Jenjang PendidikanAda berbagai macam jenjang pendidikan yang ditawarkan oleh perguruan tinggi. Kamu mungkin pernah mendengar jenjang strata dan diploma. Tapi apa kamu tahu perbedaannya? Selain lamanya masa perkuliahan, strata lebih menekankan pada penguasaan ilmu, sedangkan diploma lebih menekankan keahlian pada bidang tertentu.
  • Prospek Setelah LulusSaat memilih jurusan, kamu juga harus mempertimbangkan peluang profesi yang akan dijalani setelah lulus nanti. Beberapa jurusan memang selalu menjadi favorit dari tahun ke tahun, tapi harus kamu sadari kalau jurusan favorit akan lebih banyak jumlah lulusannya. Jurusan yang non-favorit memang kurang diminati dan pesaingan dama mencari kerja akan lebih sedikit
Sumber : www.nyem.or.id

Posted in by Zibanex Dayu Rara. No Comments
Leave a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan, no sara OK guys!!!!!